Masyarakat Petani Binaan Binmas Noken di Timika Mulai Menuai Hasil!

Admin Binmas Noken
Admin Binmas Noken
2 Min Read

www.binmasnokenpolri.com, Timika – Bertani mungkin sudah tak asing lagi kita dengar dikalangan masyarakat Papua. Menurut survei, banyak masyarakat Papua yang sudah mulai bertani. Tetapi bertani yang bagaimana?

Banyak dari masyarakat Papua yang bertani ini sesungguhnya tidak tahu bagaimana cara bertani yang baik dan benar. Kerap kali mencoba untuk bertani tapi tak sedikit yang gagal. Entah itu karena tanahnya, entah karena pupuk atau karena cara bertani yang salah? Banyak dari masyarakat yang mengakui itu. Belajar secara otodidak, tanpa ada pendampingan dari yang ahli bisa mengakibatkan gagal dikemudian hari.

Dalam kesempatan ini, Binmas Noken diberikan kepercayaan untuk memberikan bantuan serta pendampingan kepada masyarakat kelompok petani yang berada diPapua, khususnya Papua pegunungan tengah. Semenjak dibentuk hingga sekarang, tim Binmas Noken tak henti-hentinya memberikan pendampingan hingga masyarakat dapat mandiri.

Seperti yang terjadi di spot pertanian binaan Binmas Noken wilayah Timika yang bertempat di Wonosari Jaya Distrik Wani, setiap harinya secara rutin selalu mendapatkan pendampingan, hingga sudah beberapa kali menuai hasil yang tidak sedikit. Seperti pada Rabu, 12/06/2019 siang tadi, masyarakat kelompok petani yang diawaki Bpk. Musa Onawame selaku ketua kelompok menuai hasil lagi berupa panen kacang panjang sebanyak 20 bendeng.

Hasil yang didapatkan pasca panen pun seluruhnya untuk masyarakat kelompok tani yang biasanya akan dibagi sebagian untuk membeli bibit baru serta alat2 yang dirasa perlu, dan sebagiannya lagi untuk masyarakat itu sendiri. (Ayu)

Share this Article
Leave a comment